Sinopsis Film Surat Kecil Untuk Tuhan - Saat Kebahagian Mulai Terenggut

 Hallo, sahabat bagaimana kabarnya? Gimana, jemuran padi anda kehujanan? Bagus!

Seperti biasa kali ini saya akan merangkum sebuah film yang sangat mengharukan dan sangat mengmewekkan. 

Dan saya bisa pastikan jika kamu melihat langsung filmnya ini, secara otomatis bakalan membuat anda lebih menyadari tentang tebetapa berharganya detik demi detik kehidupan anda. Dan bakal lebih bijak lagi di dalam mengambil  langkah. Bahkan jalan hidup sebaik-baiknya sebelum anda dikubur nanti...

Malah kemana *njir.....

Ok, langsung saja kita membahas alur cerita filmnya....

Sinopsis Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Surat Kecil Untuk Tuhan


Awal cerita menampilkan tentang kegiatan belajar mengajar yang mungkin tidak lagi bisa dirasakan oleh anak-anak sekarang setelah pandemi terjadi.

Keke, adalah salah satu murid SMP di sana....

Sebagai seorang siswa terpandai dan kerap mendapat rangking pertama, Keke, sudah pasti tergolong siswa yang rajin bahkan juga cukup berprestasi di kelasnya. Terbukti di dalam kesibukan masa sekolahnya, ia masih sempatkan waktu  mengikuti latihan tari walau pun masih jarang-jarang.

Saat bel berdering dan waktu masuk sekolah tiba, Keke, tiba-tiba merasakan pusing dan hidungnya mulai mimisan. Keke, segera pergi ke toilet untuk membersihkan darah yang terus nyurudcud itu..... Sampai dirinya terlambat masuk kelas...

Saat waktu istirahat tiba, Keke yang sedang duduk sambil membaca sebuah buku, tiba-tiba langsung dihampiri Andy, seorang siswa laki-laki di sekolahnya....

Tanpa banyak basa-basi, siswa tersebut langsung tancap gas dan mengatakan cintanya.... Udah gitu, minta dijawab saat itu juga.

Serakah amat *jirrr...

Keke yang bingung dengan kejadian yang tidak diduga itu, terlihat hanya tersenyum dan mengatakan akan menjawabnya setelah kelopak bunga mawar miliknya rontok semua. Dan itu berarti, jawaban pertanyaan dari siswa lelaki tersebut baru akan dijawabnya setelah seminggu kemudian....  

Namun, berbeda kalau bunga mawar nya di simpan di freezer ..... Mungkin sebulan atau malah setahun kemudian...... Anjir lama donk....

Sampai di rumah, Keke terlihat menulis di dalam buku diary miliknya tentang moment yang terjadi disekolah tadi siang. Rupanya, Keke diam-diam juga mencintai pria tersebut....

Dalam perasaan senangnya, keke terlihat memungut sebuah kelopak mawar yang mulai jatuh di depan matanya. Saat sedang memperhatikan dan sedikit melakukan hal-hal yang tidak mesti dilamunkan....

Tiba-tiba, hidungnya kembali mimisan dan harus segera mengambil beberapa tisu untuk menjaga darahnya agar tidak muncrot kemana-mana.....

Esoknya saat istirahat sekolah menjelang Keke kembali ditemui oleh siswa yang kemaren telah menembaknya itu...

Dengan sangat keheranan, siswa tersebut segera menanyakan tentang keadaan Keke yang matanya terlihat sembab bahkan memerah. 

Tak ingin membuatnya khawatir, Keke beralasan kalau matanya kemasukan debu. (Gak banyak sih, palingan 2 kilo). Hal tersebut, langsung membuat siswa lelaki itu bereaksi, dan memberi pertolongan pertama terhadapnya dengan cara meniup kelopak mata si keke....

Surat Kecil Untuk Tuhan


Saat keadaan sudah sedikit tenang, Keke mengungkapkan bahwa kelopak mawar dirumahnya sudah rontok semua. Dan sesuai janji, dia akan memberi jawaban pada siswa tersebut saat itu....  Ternyata, Keke, mau menerima cintanya Andy....

Saat perasaan senang tengah dirasakan keduanya, Keke kembali mengalami mimisan di hidungnya. Yang hal itu, langsung membuat siswa lelaki yang duduk bersamanya merasa sangat khawatir. 

Kakak Keke yang juga kebetulan melihat kondisi Keke, segera memutuskan untuk menantarnya ke dokter untuk diperiksa....

Singkat cerita, Keke dengan diantar ayah dan kakaknya segera berobat ke sebuah klinik kesehatan untuk memeriksa kondisinya itu.

Sangat keke menanyakam hasil pemeriksaan, ayah Keke hanya mengungkapkan bahwa Keke sakit mata biasa.

Namun ternyata, Ayahnya sangat bersedih saat mengetahui keterangan sebenarnya yang diberikan dokter. Bahwa Keke, ternyata menderita sejenis penyakit kanker dan sudah stadium 3..... Dan dokter menyarankan, untuk segera mengoperasinya....

Untuk mencari alternatif yang sedikit lebih murah dan ramah dikantong, ayah Keke kemudian membawa Keke ke sebuah tempat praktek TARA-normal di daerahnya. Berharap, TARA-normal itu mampu memberikan kesembuhan cepat dengan mantra-mantra ajaibnya.

Bukan hanya mengunjungi Tara normal, karena kemudian, Keke juga dibawanya ke tempat-tempat tabib terbaik fan ternama. Hingga memilih melakukan penyembuhan dengan menggunakan obat-obatan herbal.

Namun justru, hal tersebut membuat Keke jengkel dan tidak ingin terus-menerus memakan obat-obatan herbal karena rasanya tidak enak. Tidak seperti memakan mie ayam 5 ribuan dagangan Mang Oleh.

Merasa ada yang tidak normal dengan penyakit yang dideritanya, Keke pun pada akhirnya mengurung diri di kamar. Ayah, Keke, bahkan teman-teman Keke yang datang menjenguk merasa sangat khawatir karena Keke ternyata tidak mau juga ke luar kamar.

Suatu ketika, datanglah Andy, Pacar Keke menjenguknya.... Dan Keke pun akhirnya mau keluar....

Dengan kedatangan Andy, Keke pun kembali mendapatkan semangatnya. Kembali mau makan, bahkan mereka pun menghabiskan moment-moment kebersamaan dengan bermain gitar bahkan Andy sedikit menyanyikan lagunya walau pun tidak dibayar.

Dua Minggu berlalu sejak Keke dinyatakan sakit oleh Dokter. Hal tersebut, membuat kondisi Keke semakin parah. Wajah sebelah kanannya mulai terlihat bengkak.

Dengan ditemani oleh beberapa temannya, kembali mereka mencari pengobatan lain, dengan mengunjungi kembali seorang tabib.

Namun ternyata, sang tabib menyatakan bahwa penyakit Keke adalah penyakit Kanker. Dan sang tabib, tidak sanggup memberikan pengobatan.

Mengetahui penyakit yang menimpa Keke, teman-temannya sontak menangis histeris. Ayah Keke yang awalnya menutup-nutupi tentang penyakit Keke sebenarnya, hanya bisa maaf karena selama ini ia tidak  berkata jujur.

Namun bukan tanpa alasan, Ayah Keke tak mau anaknya dioperasi karena tak ingin jika anak kesayangannya tersebut harus menanggung penderitaan apalagi sampai kehilangan setengah wajah dari bekas operasi tersebut.... Dan hal itu, justru membuat Keke sangat terpukul dan histeris hingga menangis sejadi-jadinya.

Esoknya, Ibu Keke yang sudah bercerai dengan ayahnya pun datang menjenguknya. Dalam keadaan penuh haru, sang Ibu tetap menyemangati anak kesayangannya itu agar jangan sampai menyerah....

Selepas dijenguk ibunya, Keke mendengar Ibu dan Ayahnya bertengkar di ruang tamu. Hal tersebut, sekaligus menghapus impian Keke yang bakal kembali menyatukan kedua orang tuanya setelah keadaan yang berat menimpanya......

Singkat cerita, dokter mengatakan bahwa ada satu cara lain yang bisa ditempuh selain melakukan operasi peda Keke. Yaitu dengan melakukan sebuah Kemoterapi. Dan mereka berharap, bahwa hal itu adalah cara terbaik untuk bisa menyembuhkan dan mengembalikan kembali kesehatan Keke.

Dan seperti yang kita tahu, bahwa setiap seorang yang menjalani kemoterapi bakalan diberikan obat-obatan yang sangat keras. Sehingga pasien bakal mengalami efek samping seperti hanya rambut rontok, hilangnya kekebalan tubuh, sampai terhadap berbagai gangguan tubuh lainnya termasuk diare.

Dan hal tersebut juga dialami Keke...

Suatu hari, Andy terlihat kembali datang untuk menengok Keke dan berniat memberikan kado ulang tahun untuknya. Saat sedang bermain game, sambil menunggu Keke. Keke akhirnya muncul dan mengajak Andy berbincang sesaat. 

Ternyata, Keke justru meminta putus dari Andy. Dengan alasan ingin fokus menghadapi penyakitnya. Padahal.... Itu semua semata-mata karena tak ingin Andy kehilangan jika akibat terburuk nanti memang benar-benar menimpanya.

Andy terlihat kecewa dengan semua itu, namun tetap memberikan kado ulang tahun dan berjanji akan selalu ada untuk Keke....

Setahun berlalu sejak saat itu. Walau sudah putus, namun Andy masih tetap berkirim kabar untuk Keke dan tetap memberikan berbagai hadiah demi menguatkan Keke.

Sementara dalam menghadapi kanker yang cukup lama dideritanya. Keke semakin terlihat lemas. Dan berbagai efek samping akibat pengobatan kemoterapi pun mulai dirasakan dampaknya. Tapi, hal tersebut tidak membuatnya menyerah, dan kembali mencoba bangkit dan bangkit.

Sebelum menjalani kemoterapi yang terakhir, Keke terlihat membuat sepucuk surat. Surat yang di dalamnya berisi curahan serta jeritan hatinya selama ini. Dan berharap, Tuhan memberi kesempatan menjalani kembali kehidupan lamanya yang sangat ia rindukan.

Dan ternyata, Tuhan menjawab semuanya.... Keke pun dinyatakan lolos menjalani kemoterapi dan dokter menyatakan bahwa ia telah sembuh.

Untuk meluapkan rasa bersyukur mereka, kakak laki-laki Keke kemudian merayakannya dengan mengajak teman-teman Keke liburan ke puncak.

Sementara Kek yang masih dalam proses pemulihan. Hanya merayakan semuanya di rumah dengan ditemani ayah tercintanya.....

Saat pesta sedang dimulai, Andy, tahu-tahu muncul di sana. Hal tersebut tentu membuat Keke senang. Apalagi sewaktu Andy k mbali menegaskan bahwa dia akan tetap selalu ada bersamanya walau apa pun yang terjadi.

Dan hari-hari setelahnya, Kekaekembali mulai disibukan dengan menjalani hari-harinya di Sekolaj. Dan juga latihan menari untuk acara pentas.

Suatu malam, Ayah Keke terlihat berbincang dengan Chika, kakak tertua Keke. Dia mengungkapkan bahwa semua uangnya telah habis untuk pengobatan Keke  dan untuk meminimalisir hal itu, Ayahnya menyuruhnya untuk berhenti hura-hura dan lebih melakukan tanggung jawabnya untuk keluarga. Tapi hal itu, justru membuat Chika kecewa dan marah pada ayahnya.

Bahkan Keke yang minta maaf pun seolah tidak didengarnya.

Beberapa waktu setelahnya, setelah mengikuti latihan tari, Keke kembali merasakan gejala sakit di antara matanya. Hal tersebut, membuat ia mengungkapkannya pada ayahnyan. Karena takut kenapa-napa, keke kembali membawanya ke dokter sekalian silaturahmi.

Dan ternyata, Kanker yang pernah diderita Keke kembali kambuh. Hal tersebut, membuat ayah Keke sangat bersesih, namun Keke tetap mencoba menenangkan ayahnya supaya sabar dalam menerima ujian tuhan tersebut.

Dan ketika malam datang, Keke kembali mencurahkan perasaan hatinya pada Tuhan dan rasa terima kasih nya atas segala hal berharga yang telah didapatkannya.

Singkat cerita hal buruk dan mereka takutkan kembali terjadi. Tubuh Keke, mulai tidak merespon kemoterapi yang kembali dilakukannya.

Untuk mengantisipasi hal terburuk, Dokter akhirnya menyarankan supaya melakukan operasi kecil dan menanamkan sebuah pipa di tubuh Keke untuk mengalirkan obat langsung ke jantungnya.

Demi keselamatan anaknya, Ayah Keke menyetujuinya.

Di rumah Ayah dan Ibu Keke kembali ribut. Hal tersebut membuat Keke terbangun dan dengan seketika meredam pertengkaran yang terjadi antara orang tuanya.....

Singkat cerita di sekolah, Andy kembali mengetahui kabar tentang Keke. Dan hal itu seakan kembali menjadi pukulan terberat di hidupnya. Andy, menyesali dirinya sendiri yang seolah-olah menjadi penyebab kenapa Keke seperti itu. Mungkin karena dirinya terlalu banyak dosa dan lain sebagainya....

Teman Keke mengatakan bahwa semua itu bukan karena dia. Namun Andy, sepertinya tetap merasa tidak enak pada orang yang sangat dicintainya itu..

Hari demi hari berlalu dengan kebersamaan Keke dan teman-teman nya di rumah dalam menyelesaikan tugas sekolahnya. Saat itu lah, mereka menyadari bahwa rambut demi rambut Keke mulai rontok. 

Dengan tetap bersabar dan semangat Keke mengungkapkan bahwa rambutnya sudah mulai habis. Dan hal tersebut, membuat teman-teman Keke merasa sangat bersedih, kemudian memotong rambut mereka untuk menyemangati Keke.....

Haru dan kesedihan, tergambar jelas saat itu....

Esok malamnya, Chika kakak tertua Keke terlihat akan kembali melakukan balapan. Tanpa disadari, Keke sudah naik di Mobilnya. Chika yang menyadari keberadaan Keke langsung menyuruhnya turun namun keke meminta ikut ikut dia balapan dengannya untukengenangn moment kebersamaan mereka. Dan apa mau dikata Chika pun mengajaknya balapan.

Setengah jalan, Chika mengerem laju mobilnya dan mengatakan kepada Keke bahwa kenangan mereka sudah hancur. Kebahagiaan mereka telah hilang semenjak orang tuanya bercerai. 

Namun Keke hanya mengungkapkan jika ia ingin kembali bisa menikmati waktu-waktu indahnya yang kebelakang yang lama telah terlewatkan. Seperti sewaktu mereka naik sepeda bersama.

Esoknya, Chika terlihat menemui Ayahnya danengatakan bahwa ia akan berhenti balapan dan mengungkapkan supayaenjual mobil miliknya untuk pengobatan Keke.

Ayahnya sangat terharu dengan semua itu.....

Keke semakin hari terlihat semakin sulit dalam menjalani hari-harinya apalagi semenjak itu kaki kanannya pun sudah sulit dilangkahkan.

Tiba-tiba ia mendengar suara bel sepeda di luar rumah. Saat melihat keluar, CHIKA sudah menantinya dengan membekal sepeda kenangan mereka.

Sejak saat itu, kebersamaan sudah kembali mulai terjalin antara keluarga Keke yang hancur itu. Dan mulai memilih membuang jauh-jauh rasa keegoisan di hati masing-masing. Dan memilih memberikan hidup mereka hanya untuk Keke seorang...

Dan menghabiskan setiap waktunya dengan beragam kebahagiaan di sana....

Tahun 2006, Dua tahun setelah Keke kembali dinyalakan sakit..

Dokter yang melakukan pengobatan pada Keke mengatakan sudah tak lagi sanggup memberikan pengobatannya. Karena penyakit yang Keke derita, jelas semakin parah. Hal tersebut, langsung membuat ayah Keke menangis, karena jalan satu-satunya untuk menyelamatkan hidup Keke kini sudah pupus.....

Keke, yang saat itu baru keluar dari ruang pemeriksaan, mengungkapkan sebuah permintaanya pada ayahnya, agar dia menyumbangkan sebagian uang miliknya untuk membantu menolong seorang anak yang akan dioperasi di sana. 

Karena ayahnya ingin tetap melihat Keke bahagia, sang ayah pun akhirnya dengan rela hati memberikan bantuannya...

Suatu malam, Keke terlihat bersama keluarganya untuk menonton teman-temanya melakukan pentas tari. Dengan sangat mengharukan, teman-teman Keke mempersembahkan tarian yang akan mereka tampilkan itu hanya untuk Keke....

Sementara di rumahnya, Andy yang saat itu sedang galau, mendapat telepon dari kakak Keke agar dia mau memberi kejutan dan hadir di penasaran itu.

Andy dengan segera pergi ke pentas. Namun karena tak tahan dengan kesedihan yang ia lihat dari teman-teman Keke dan juga gak mau membuat Keke semakin jadi kesulitan akibat kehadirannya. Andy pun memilih pergi..

Esoknya walau dalam keadaan kaki yang mulai tak lagi bisa berjala, Keke tetap memaksa ikut ujian di sekolahnya. Walau semua menyadari bahwa hal itu tentu tidak mungkin dilakukannya. Akhirnya mereka tetap mengabulkan keinginan Keke tersebut.....

Selesai meakukan ujian.... Keke jatuh pingsan. Dan segera dilarikan ke rumah sakit untuk diberi pertolongan. 

Sejak saat itu, Keke di rawat di sana. Teman-teman Keke gantian berjaga, termasuk Andy, juga datang dan akhirnya meminta maaf kepada Keke. Dan menyadari bahwa bersama atau tidak dia dengannya. Rahasia Tuhan tetap akan berjalan dan tidak mungkin bakal dicegah.

Hati-hari setelahnya, keluarga Keke terlihat menunggui Keke bersama-sama di rumah sakit. Ibu Keke dan yang lainnya sudah mulai iklhas dengan kepergian Keke, dan berjanji akan bersama-sama lagi jadi keluarga yang utuh. Seperti yang Keke inginkan.

Keke pun.... akhirnya meninggalkan kita semua.....

Simak juga videonya di bawah!



Tamat

Setelah menyimak film ini. Satu hal yang bisa saya sampaikan adalah. Jangan pernah menyerah. Dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan hargai hidup walau hanya sebentar. Orang lain di sana. Belum tentu bisa seperti kita.....

Terimakasih.

Sinopsis Film Surat Kecil Untuk Tuhan - Saat Kebahagian Mulai Terenggut Sinopsis Film Surat Kecil Untuk Tuhan - Saat Kebahagian Mulai Terenggut Reviewed by Admin on October 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.